Mengenal Profesi Dokter Spesialis Kulit dalam Perawatan Kecantikan

  • Whatsapp
Mengenal Profesi Dokter Spesialis Kulit dalam Perawatan Kecantikan

Seorang dokter spesialis kulit atau yang juga dikenal sebagai dermatologis adalah dokter yang berspesialisasi dalam menangani masalah kulit, rambut, kuku, dan membran mukosa alias dermatologi. Meski begitu, seorang dermatologis juga bisa menyediakan layanan untuk masalah kecantikan, serta membantu pasien memulihkan tampilan kulit, rambut, dan kukunya. Karena itu, tak heran kalau ada banyak dokter kulit yang bekerja di klinik kecantikan.

Seperti halnya ketika Anda menemui dokter untuk berkonsultasi atau memeriksakan diri karena masalah kesehatan lainnya, penting untuk memilih dokter kulit yang berlisensi atau bersertifikasi. Banyak praktisi di klinik-klinik yang bisa mengaku-aku sebagai dermatologis, padahal mereka tidak memiliki akreditasi sesuai. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir ketika mengunjungi Klinik ERHA karena semua dokter kulit yang melayani sudah dijamin memiliki sertifikasi dan akreditasi yang tepat.

Di Indonesia, dokter kulit memiliki gelar SpKK atau spesialis kulit dan kelamin. Gelar tersebut diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan spesialisasi kulit dan kelamin. Di samping itu, seorang dokter kulit juga bisa berperan sebagai dokter estetika yang lebih fokus pada bidang estetika medis dengan tujuan memperbaiki penampilan fisik yang pastinya juga memerhatikan aspek kesehatan. Nah, dokter seperti inilah yang biasanya bisa Anda temui di berbagai klinik kecantikan.

Seorang dokter kulit yang fokus pada perawatan kulit dan kecantikan dapat memberikan diagnosis terkait dengan masalah kulit. Di samping itu, dokter juga bisa memberi saran soal perawatan maupun produk perawatan dan/atau kosmetik serta obat yang sebaiknya Anda gunakan terkait masalah kulit yang dialami.

Di samping itu, dokter juga dapat melakukan beberapa prosedur medis tanpa pembedahan (non-invasif) guna menangani masalah dan keluhan yang dialami oleh pasien. Pelaksanaan prosedur ini dilakukan berdasarkan pelatihan yang telah dijalani oleh dokter, contohnya chemical peeling, facial, suntik botox atau filler, dermabrasi, mikrodermabrasi, perawatan intense puled light (IPL) untuk tanda-tanda penuaan, dan laser treatment.

Karena itu, Anda bisa segera mengunjungi klinik kulit dan kecantikan terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter kulit apabila Anda mengalami masalah, seperti:

  • Komedo dan jerawat.
  • Warna kulit yang tidak rata (belang) atau terbakar sinar matahari.
  • Bintik-bintik hitam pada wajah.
  • Stretch marks, selulit, atau permukaan kulit yang tidak rata.
  • Munculnya tanda penuaan atau penuaan dini pada kulit, seperti kulit kendur dan kerutan.
  • Bekas luka di wajah maupun tubuh.
  • Mengalami reaksi iritasi atau alergi pada kulit karena penggunaan produk obat maupun kosmetik tertentu.
  • Permukaan kulit kasar, kering, mengelupas, berminyak, atau masalah lainnya.
  • Kerontokan rambut yang tidak normal.

Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, para dokter spesialis kulit profesional dan terakreditasi di Klinik ERHA siap membantu dan melayani Anda walaupun di tengah pandemic COVID-19 ini. Anda masih bisa berkonsultasi dengan dokter terbaik dari ERHA secara online saat di rumah saja. Dengan begitu, tampilan kulit wajah maupun tubuh Anda akan meningkat tanpa harus mengabaikan aspek keamanan maupun kesehatan.

Related posts