Bintang Lokal yang Kembali Bermain di Liga 1

  • Whatsapp
Liga 1

Liga 1 musim 2018 sudah berakhir. Dan Persija Jakarta telah keluar sebagai juara Liga 1 musim 2018 dengan meraih 62 poin sampai pekan terakhir. Macan Kemayoran memastikan gelar juara setelah menumpaskan Mitra Kukar FC di pekan ke 34 dengan skor 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dan kini saatnya tim-tim Liga 1 mulai melakukan persiapan jelang pembukaan Liga 1 musim 2019. Dalam masa transfer seperti ini, geliat tim-tim untuk mendapatkan pemain impiannya selalu menarik untuk dilihat. Tidak hanya merekrut pemain yang bermain di klub Liga 1, tapi tidak sedikit juga klub yang berusaha memulangkan talenta-talenta lokal yang musim lalu bermain di luar negeri. Jendela transfer belum lama dibuka, namun sudah ada 3 pemain yang musim lalu bermain di luar negeri memutuskan bergabung dengan klub Liga 1. Siapa saja mereka? Simak penuturannya.

Ryuji Utomo, kembali ke pelukan klub Ibukota

Pada Liga 1 musim 2017, Ryuji Utomo memang menjadi salah satu palang pintu skuat Macan Kemayoran. Namun musim lalu, pemain berumur 23 tahun ini memutuskan untuk mencoba peruntungannya di PTT Rayong, tim kasta kedua Liga Thailand.

Penampilan bek jangkung ini di Thailand tidak bisa dipandang sebelah mata. Ryuji Utomo berhasil mengantarkan tim PTT Rayong meraih gelar juara dan mendapatkan promosi ke kasta tertinggi Liga Thailand. Meskipun sudah meraih gelar juara bersama PTT Rayong, namun mantan pemain Arema FC ini memilih untuk kembali bergabung  bersama skuat Macan Kemayoran untuk mengarungi Liga 1 musim 2019.

Persija Jakarta sendiri memang membutuhkan amunisi ekstra di barisan pemain bertahan. Kenapa? Karena musim 2019 akan menjadi musim yang sangat sibuk untuk Persija Jakarta. Mereka akan bermain di 3 kompetisi sekaligus, yaitu Liga 1, Piala Indonesia, dan Piala AFC. Jadi mereka membutuhkan tenaga tambahan yang bisa bermain di berbagai posisi seperti Ryuji Utomo. Dan satu lagi kelebihan Ryuji Utomo adalah ia mantan penggawa Persija Jakarta, jadi tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk adaptasi dengan situasi dan gaya bermain tim asuhan Teco ini.

Evan Dimas, yang secara mengejutkan bergabung dengan Barito Putera

Mengapa kami sebut transfer Evan Dimas ke Barito Putera mengejutkan? Karena sebelumnya dua mantan klub Evan Dimas yaitu Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya sudah menyatakan ketertarikan mereka pada mantang penggawa Selangor FA ini.

Apalagi Persebaya Surabaya adalah tim yang membesarkan nama Evan Dimas Darmono di kancah persepak bolaan Tanah Air. Selain itu, Evan Dimas juga pernah meraih juara Liga 1 musim 2017 bersama Bhayangkara FC, jadi rasanya kesempatan dua klub itu meraih pemain berumur 23 tahun ini sangat terbuka lebar. Namun keseriusan Barito Putera dalam pengembangan talenta muda menjadi hal utama yang membuat Evan Dimas Darmono memilih untuk merapat ke tim berjuluk Laskar Antasari ini.

Andik Firmansyah Ke Madura United

Andik pernah menyatakan bahwa dirinya enggan bergabung dengan tim apapun di Indonesia selain Persebaya Surabaya. Namun ternyata pemain yang musim lalu membela Kedah FA ini memilih untuk mengarungi Liga 1 musim 2019 bersama dengan Madura United.

Satu hal yang unik dari transfer Andik ke Madura United adalah Andik minta kepada Madura United untuk menyertakan klausul di kontraknya jika Andik tidak boleh dimainkan saat Madura United berjumpa dengan Persebaya Surabaya. Hal itu menunjukan besarnya kecintaan Andik Vermasyah pada Persebaya Surabaya dan Bonekmania.