5 Aplikasi Layanan Digital Ini Paling Bermanfaat untuk Kehidupan Sehari-hari

  • Whatsapp
Aplikasi Layanan Digital

Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi yang pesat dan bisa kita rasakan kini adalah munculnya berbagai aplikasi yang dapat menyokong dan mempermudah kehidupan sehari-hari. Sebagian besar aktivitas yang kita lakukan bisa dibilang semua sekarang tersedia aplikasinya. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Contohnya, aplikasi pengingat waktu ibadah, aplikasi chatting, media sosial, pesan antar makan, transportasi online, e-wallet atau pembayaran digital, dan masih banyak lagi.

Dua tahun belakangan, total ada lima aplikasi layanan digital yang paling bermanfaat dan diandalkan banyak orang. Terutama di kota-kota besar. Bahkan, bisa dibilang, ke depannya, aplikasi-aplikasi ini akan semakin meluas lagi jangkauannya seiring dengan permintaan dan kebutuhan yang tinggi. Yuk cek, apakah kamu salah satu pengguna dari lima aplikasi ini?

Aplikasi Kredit dan Pinjaman Dana Online

Kalau dulu, kredit dan pinjaman dana identik dengan perbankan atau lembaga kredit yang konvensional, kini sudah tersedia juga lho yang berbasis digital. Fintech pinjaman dana online yang cukup marak tumbuh dua tahun belakangan seolah menjadi jawaban sekaligus opsi terbaik bagi masyarakat yang hingga kini kesulitan atau belum bisa mendapat akses kredit dari perbankan. Dikutip dari Kompas.com, bahkan, total nasabah fintech pinjaman dana online per Januari 2019 sudah mencapai hingga 5 juta nasabah atau 5 juta rekening.

Jelas saja, karena dibandingkan dengan pinjam dana ke bank, fintech umumnya menawarkan layanan pinjaman dana dengan persyaratan yang sederhana dan proses pencairannya cepat. Kredivo contohnya. Aplikasi fintech di Indonesia yang pertama terdaftar di OJK ini memiliki dua layanan utama yang ditawarkan kepada masyarakat: kredit online dan pinjaman dana tunai. Dengan limit maksimal hingga Rp 30 juta khusus untuk pengguna Premium, daftar Kredivo syaratnya hanya ada 3:

  1. Pendaftar merupakan WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun.
  2. Berpenghasilan tetap minimum sebesar Rp 3 juta pe rbulannya.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Kalau sudah mendaftar sesuai instruksi yang diberikan di aplikasi Kredivo, kamu hanya tinggal menunggu proses approval dalam waktu 1 x 24 jam. Jika sudah disetujui dan mendapat limit kredit, maka kamu bisa langsung menggunakan limit tersebut utnuk kredit barang secara online di merchant rekanan Kredivo. Ada yang online dan offline, mulai dari Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Erafone, Samsung, dan masih banyak lagi. Tersedia opsi tenor 3/6/12 bulan untuk cicilan barang dengan suku bunga hanya 2,95% per bulan. Sementara minimum pembeliannya untuk bisa cicilan harus sebesar Rp 1 juta ke atas.

Nah untuk pinjaman online, kalau sudah punya limit di Kredivo dan terdaftar sebagai pengguna Premium, kamu bisa ajukan kapan saja melalui fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang tersedia di bagian dasbor aplikasi Kredivo. Minimum pengajuan pinjaman sebesar 500 ribu untuk pinjaman mini, sedangkan untuk pinjaman jumbo minimum pengajuannya adalah Rp 1 juta ke atas. Tenor yang tersedia mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan, dengan suku bunga tetap sebesar 2,95% dan biaya admin sebesar 6%. Apabila disetujui, pinjaman yang kamu ajukan akan langsung cair ke rekening dalam 1 hari kerja.

Aplikasi Transportasi dan Pesan Antar Makanan 

Kalau aplikasi pinjaman dana online sangat membantu di kala darurat, lain halnya dengan aplikasi transportasi dan layanan pesan antar makanan online. Aplikasi ini bisa dibilang sangat menjadi tumpuan bagi sebagian besar orang dalam kehidupan sehari-hari. Terutama mereka yang aktivitasnya cukup mobile dan destinasinya jauh. Ditambah lagi, selain tarifnya yang lebih murah dan transparan dibanding moda transportasi umum lainnya, di aplikasi ini juga kerap bertaburan aneka promo yang membuat penggunanya jadi hemat lebih banyak. Mau ke sana ke sini, tinggal pesan ojek online. Bingung mau makan apa, tinggal cek daftar tempat makan hingga menu di aplikasi yang sama. Plus cari promo. Praktis dan hemat, kan?

Aplikasi E-Wallet

Dalam tahap menuju era cashless society, aplikasi e-wallet atau pembayaran digital juga semakin marak diandalkan orang dalam transaksi sehari-hari. Bukan hanya karena kepraktisannya, tapi aplikasi e-wallet juga termasuk yang paling gencar menggaet konsumen dengan cara ‘bakar uang’ alias memberikan promo cashback yang masif.

Siapa yang nggak tergiur kalau beli makan di merchant A bisa dapat cashback hingga 50% dari e-wallet A? Cashbacknya pun nantinya bisa ditransaksikan lagi di merchant lain, kemudian dapat cashback lagi. Ditambah lagi, selain bermitra dengan merchant-merchant populer, aplikasi e-wallet juga sebagian ada yang terintegrasi dengan aplikasi transportasi dan pesan antar makanan online. Jadi double deh manfaatnya buat banyak orang!

Aplikasi E-Commerce

Mau belanja atau sekadar cek harga barang ini dan itu, nggak perlu lagi datang ke toko. Tinggal download aplikasi e-commerce, semua jenis barang tersedia (dari kebutuhan primer hingga tersier) dan bisa dicek harganya. Hemat tenaga, hemat uang, dan bahkan jangkauannya bisa jauh lebih luas. Belum lagi ditambah dengan metode pengiriman yang beragam dan bisa menjangkau seluruh Indonesia. Plus, metode pembayaran yang variatif: mulai dari e-wallet, kartu debit, kartu kredit, transfer bank, hingga kredit atau cicilan online, semua tersedia.

Aplikasi Perbankan Digital & Investasi

Mau buka rekening atau nabung, malas datang ke bank? Aplikasi perbankan digital & investasi digital bisa jadi solusinya. Buka rekening, kini semudah download aplikasi, isi data diri, kemudian diverifikasi oleh pihak perbankan digital melalui video call. Semua bisa dilakukan hanya dengan menggunakan HP dan kuota internet, dari mana pun dan kapan pun. Dalam hitungan menit, rekening bank digital kamu sudah siap digunakan. Bahkan, aplikasi perbankan digital ini juga menyediakan fitur tabungan khusus dan investasi yang bisa dibuat sesuai kebutuhan. Misal, tabungan untuk liburan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Jadi, aplikasi mana yang jadi favoritmu untuk kehidupan sehari-hari?

Related posts